Minggu, 27 April 2014

Santo Petrus Kanisius


Salam damai sejahtera, teman-teman.

Berikut ini saya akan berbagi mengenai kisah hidup Santo Petrus Kanisius, seorang Imam dan Pujangga Gereja.

Santo Petrus Kanisus dilahirkan di Nijmegen (Belanda) pada tanggal 8 Mei 1521 sebagai putra sulung dari Yakob Kanis.

Semasa hidupnya, Petrus Kanisius telah menyaksikan pergolakan hebat dalam tubuh Gereja oleh munculnya gerakan reformasi yang dipimpin oleh Martin Luther.

Petrus Kanisius memasuki Serikat Yesuit oada usia 22 tahun dan ia juga turut mendirikan rumah Yesuit pertama di Cologne, tempat dimana ia menjalani masa noviatnya.

Kemudian pada tahun 1546, ia ditahbiskan menjadi imam.

Petrus Kanisius terkenal sebagai seorang pengkhotbah ulung, melalui khotbah-khatbah dan katekesenya, ia berhasil membangkitkan kembali semangat hidup keagamaan di kalangan umat.

Pada tahun 1554, Petrus Kanisius menjadi administrator Tahta Suci atas permintaan Paus Yulius III dan seijin Ignasius Loyola.

Salah satu buku katekismus karya Petrus Kanisius yang terkenal, yang ia susun semasa menjadi administrator Tahta Suci yaitu: Ringkasan Ajaran Kristen, yang dipakai di seluruh Eropa selama beberapa abad sebagai buku pegangan.

Kemudian Petrus Kanisius menyusun dua buku katekismus yang lebih singkat untuk dipakai di sekolah-sekolah.

Petrus Kanisius juga mengajar di sekolah maupun universitas, selain itu ia juga giat menulis suatu seri buku sebagai tanggapan terhadap sebuah buku yang diterbitkan sekelompok penulis Protestan dari Magdeburg.

Pada tahun 1580, Petrus Kanisius mendirikan sebuah penerbitan Katolik, selain ia juga mendirikan universitas di Frieburg, Switzerland.

Pada tahun 1591, Petrus Kanisius jatuh sakit, namun ia tetap giat menulis sampai dengan kematiannya pada tanggal 21 Desember 1597 di Frieburg.

Paus Pius XI memberi gelar Petrus Kanisius sebagai seorang Pujangga Gereja yang mahsyur.

...

Demikian teman-teman terkasih, kisah Santo Petrus Kanisius, semoga kita bisa meneladan semangat pelayanannya kepada Tuhan sampai dengan akhir hidupnya.

Tuhan memberkati kita semua.

Teman-teman terkasih dalam Kristus, diperkenankan mengutip / mengcopy / menyebarluaskan artikel diatas dengan mencantumkan:
"sumber: Melodi-Kasih-Tuhan.blogspot.com"

With love,

Mikael Oka

Referensi: 
Sumber gambar dari internet yang diolah.

Diceritakan kembali dari:  Orang Kudus Sepanjang Tahun, Mgr.Nicolaas Martinus Schneiders, CICM, Penerbit Obor, 2013.

Tidak ada komentar: