Jumat, 04 April 2014

Vatikan Gunakan Media Sosial Saat Upacara Kanonisasi Dua Paus


02/04/2014

Vatikan beralih ke media sosial untuk menjangkau jutaan umat Katolik yang diperkirakan akan menghadiri kanonisasi dua Paus menjadi santo (orang kudus), merupakan sebuah acara yang bersejarah dalam Gereja Katolik.

Pejabat kota Roma memperkirakan lebih dari lima juta orang akan menghadiri upacara kanonisasi Paus Yohanes Paulus II (1978-2005), dan Paus Yohanes XXIII (1958-1963), seperti dilansir situs Asia One, Selasa (1/4).

Selain situs resmi www.2papisanti.org, Vatikan juga telah membuat beberapa laman di Facebook menggunakan tema 2popesaints, serta akun di Twitter (@2popesaints), YouTube (2popesaints) dan Instagram (#2popesaints).

Juru Bicara Vatikan, Pastor Federico Lombardi SJ, mengatakan pihaknya tidak mengesampingkan bahwa Paus Benediktus XVI akan menghadiri upacara itu yang akan digelar pada 27 April di Lapangan Santo Petrus itu.

Meski dia tidak memberikan prakiraan pasti jumlah umat yang hadir, dimana beberapa media Italia mematok angka sampai tujuh juta orang, namun Pastor Lombardi mengatakan bahwa semua umat yang datang ke Vatikan akan diterima.

“Tidak ada tiket yang akan dijual. Jangan tanya administrasi karena tidak akan ada,” ujarnya.

Kanonisasi ganda akan menjadi yang pertama dalam sejarah Vatikan, dan diharapkan akan menarik dua kelompok Gereja Katolik.

Paus Yohanes Paulus II, Paus pertama yang bukan berasal dari Italia selama lebih dari 400 tahun menjadi favorit dari kelompok Katolik konservatif dan pemberian kanonisasi terhadap dirinya akan menjadi salah satu yang tercepat dalam sejarah Gereja Katolik.

Ratusan ribu umat dari berbagai negara di Eropa diperkirakan bakal menghadiri upacara itu, terutama dari Polandia, negara asal mendiang Paus Yohanes Paulus II, dan banyak hotel di Roma sudah dipesan.

Paus Yohanes XXIII juga dikagumi oleh kelompok Gereja progresif atas seruannya untuk mengadakan Konsili Vatikan II yang mengubah Gereja Katolik.

Sebuah ‘doa malam putih’ akan digelar dalam tujuh bahasa di sebelas gereja pada malam sebelum upacara tersebut.

Sumber: UCA News

...

Teman-teman terkasih dalam Kristus, diperkenankan mengutip / mengcopy / menyebarluaskan artikel diatas dengan mencantumkan:
"sumber: Melodi-Kasih-Tuhan.blogspot.com"

With love,

Mikael Oka



Tidak ada komentar: