Senin, 30 Juni 2014

Santo Ignasius Loyola



Gereja Katolik menghormati Santo Ignasius Loyola sebagai perlindung semua kegiatan rohani.

Santo Igansius Loyola dilahirkan sebagai seorang putra bungsu dari pasangan Don Beltran de Onazy dan Maria Sanchez de Licona, keluarga bangsawan di Spanyol Utara.

Semasa mudanya, ia pernah menjadi tentara Kerajaan Spanyol.

Titik balik kehidupan Ignasius Loyola dimulai setelah suatu hari ia pergi ke sebuah gua dekat Manresa setelah merayakan Ekaristi dan menerima Komuni Kudus untuk berdoa dan bermeditasi.

Di dalam gua ini, ia mengalami suasana yang tenang dan damai, dan Tuhan memberikan ia karunia suatu pemahaman yang baru tentang kehidupan rohani.

Ignasius Loyola dikenal sebagai seorang rohaniawan yang ramah dan mempunyai kasih sayang yang besar kepada mereka yang lemah, sakit, pendidikan, anak-anak dan orang-orang berdosa.

Pada tahun 1540, Paus Paulus III memberikan restu pada Serikat Yesus (Ordo Yesuit) yang didirikan oleh Ignasius Loyola.

Serikat Yesus ini mendasarkan pada 3 (tiga) kaul utama (yaitu: kemiskinan, ketaatan dan kemurnian) dan 1 (satu) kaul khusus, yaitu kesigapan untuk melaksanakan perintah paus, kapan saja dan dimana saja.

Ignasius Loyola sebagai pempimpin Serikat Yesus, menuntut ketaatan mutlak kepada Tahta Suci dan prinsip-prinsip Katolik.

Ignasius Loyola bersama dengan para imam, selain melakukan penyebaran warta Tuhan di kalangan jemaat Katolik dan melakukan karya misioner di Asia, mereka juga berjuang membendung arus protestanisme di Eropa utara.

Ignasius Loyola meninggal pada tanggal 31 Juli 1556 dan ia diangkat sebagai seorang santo oleh Paus Gregorius XV pada 12 Maret 1622.

...

Demikian teman-teman terkasih dalam Kristus, riwayat singkat dari Santo Ignasius Loyola.

Semoga kisahnya menginspirasi kita semua untuk selalu berusaha menjadi kudus setiap waktu, agar hidup kita pun berkenan bagi Tuhan.

Tuhan memberkati selalu.
...

Teman-teman terkasih dalam Kristus, diperkenankan mengutip / mengcopy / menyebarluaskan artikel diatas dengan mencantumkan:
"sumber: Melodi-Kasih-Tuhan.blogspot.com"

With love,

Mikael Oka

Referensi: 

Sumber gambar dari internet yang diolah.

Orang Kudus Sepanjang Tahun, Mgr.Nicolaas Martinus Schneiders, CICM, Penerbit Obor, 2013.

Ensiklopedi Orang Kudus dari A sampai Z, Yayasan Cipta Loka Caraka, 2010.

Tidak ada komentar: