Minggu, 10 Agustus 2014

Datang dan Jadilah Cahaya Tuhan


Setiap dari kita yang mempunyai kerinduan mendalam akan kasih Tuhan, dan yang berjuang di jalan-Nya, pasti suatu saat akan mengalami situasi “kegelapan rohani”, situasi dimana “kegelapan” menjadi  pencobaan terbesar dalam hidup kita dalam mengabdi kepada-Nya.

Namun teman-teman terkasih, jangan takut !

Bukan kita saja yang mengalami pencobaan ini, orang-orang kudus pun juga mengalami “kegelapan rohani”, seperti Santa Teresa dari Calcutta dan Santa Teresia dari Lisieux, bahkan Bunda Surgawi kita pun juga mengalaminya.

Dalam suatu suratnya kepada Uskup Agung Perier, Santa Teresa dari Calcutta menulis, “Tolong doakan saya, kerinduan terhadap Allah ini mendatangkan nyeri yang dahsyat sementara kegelapan makin gulita. Pertentangan apa yang sedang berlangsung dalam jiwaku. Luka di dalamnya begitu hebat, sampai saya tidak merasakan apa pun dari pemberitaan yang telah terjadi dan dari pembicaraan banyak orang. Tolong minta agar Bunda Maria bersedia menjadi Bunda saya dalam kegelapan ini.”

Santa Teresia dari Lisieux pernah menyampaikan, “Kuakui, terkadang seberkas cahaya lembut menembus malam gelapku, membuat aku pulih sasaat, namun cahaya itu segera menghilang, kenangan akan hal itu bukan menghibur aku malah membuat kegelapan malam semakin pekat.”

Pada saat Malaikat Agung Gabriel memberitahukan kepada Bunda Maria bahwa ia akan mengandung dari Roh Kudus, Bunda Maria juga mengalami “kegelapan rohani”, ketidaktahuannya akan arti salam yang disampaikan oleh Malaikat Agung Gabriel, kebingungannya, kecemasannya, bagaimana bisa seorang perempuan yang belum menikah bisa mengandung, bagaimana jika Yusuf, calon suaminya menolaknya,  pada jaman itu mengandung di luar pernikahan adalah suatu aib yang luar biasa menakutkan. Namun Bunda Maria dengan rendah hati serta berpasrah penuh pada Allah, ia pun mengatakan “Sesungguhnya aku ini adalah hamba Tuhan; jadilah padaku menurut perkataanmu itu.” (Lukas 1:38) 

Teman-teman terkasih, jangan putus asa bila kita juga mengalaminya !

Tuhan bersabda: “Siapa yang tak berpengalaman, singgahlah kemari ...”(Amsal 9:4) dan juga “Marilah kepada-Ku, semua yang letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberikan kelegaan kepadamu.” (Matius 11:28).

Dunia sampai saat ini diliputi ”kegelapan” dan kita lah cahaya-cahaya Kristus untuk menyibak “kegelapan” itu.

Daraskanlah selalu Doa Tuhan (Doa Bapa Kami) dan Salam Malaikat, yang terangkum dalam Rosario Suci, supaya “kegelapan” rohani dalam diri kita tersibak oleh terang yang terkandung di dalamnya dan kita pun dapat menjadi cahaya-cahaya Kristus bagi dunia ini.

Tuhan memberkati kita semua.

...

Teman-teman terkasih dalam Kristus, diperkenankan mengutip / mengcopy / menyebarluaskan artikel diatas dengan mencantumkan:
"sumber: Melodi-Kasih-Tuhan.blogspot.com"


With love,

Mikael Oka

Tidak ada komentar: