Sabtu, 02 Agustus 2014

Paus Fransiskus: Gosip, Marah, Gusar Akibat Selibat Tidak Berbuah


30/07/2014

Salah satu bahaya dari  bentuk selibat “yang tidak berbuah” adalah gusar, marah dan gosip, kata Paus Fransiskus kepada sekelompok imam dan uskup di Caserta.

“Seorang pria yang kesepian akan merasa gusar, marah, dan gosip tentang orang lain,” kata Paus pada 26 Juli selama pertemuan dengan 123 imam yang bekerja di Keuskupan Caserta dan 19 uskup dari wilayah Campania, Italia.

Ketika seorang imam tidak setuju dengan uskupnya atau ketika uskup tidak setuju satu sama lain, mereka harus menyampaikan perbedaan mereka secara langsung,  tetapi tidak boleh gosip, kata Paus Fransiskus dalam sebuah pernyataan yang dirilis oleh Vatikan pada 27 Juli.

“Katakan secara langsung,” lanjut Paus. 

“Anda adalah seorang pria, jadi jika Anda memiliki sesuatu dengan uskup Anda, pergi dan mengatakan kepada dia. Mungkin ada konsekuensi, tetapi memikul salib Anda sebagai seorang pria!”

Seorang imam, katanya, pernah mengatakan kepadanya bahwa ia merasa khawatir bahwa begitu banyak imam dan uskup yang saling marah.

Paus Fransiskus mengatakan kepada para imam itu bahwa marah adalah normal dan bahkan “sehat” kalau marah, tetapi tidak boleh dendam atau gosip yang menyebabkan kerusakan lebih lanjut.

Kunci untuk kehidupan yang berbuah, kata Bapa Suci, terletak pada “kesetiaan ganda dan transendensi ganda: setia kepada Tuhan dengan bertemu Dia, membuka diri kepada-Nya dalam doa, mengingat bahwa Dia adalah orang yang setia,” dan “membuka diri kepada orang lain” dengan rasa empati, hormat dan sabar.

Keterbukaan terhadap Roh harus disertai dengan keterbukaan terhadap orang lain dan bagi masalah mereka sebenarnya, kata Paus.

Satu-satunya cara untuk belajar tentang kebutuhan orang lain adalah dengan mendengarkan mereka, sabar dan menahan godaan untuk memberikan jawaban yang instan.

“Kita tidak bisa membuat Gereja tertutup untuk dirinya sendiri,  sebuah Gereja yang tak berhasil, menjadi refrensi dirinya sendiri dan tidak mampu mengatasi,” katanya.

Sumber: UCA News
...

Teman-teman terkasih dalam Kristus, diperkenankan mengutip / mengcopy / menyebarluaskan artikel diatas dengan mencantumkan:
"sumber: Melodi-Kasih-Tuhan.blogspot.com"


With love,

Mikael Oka

Tidak ada komentar: