Minggu, 12 Oktober 2014

“Umat yang Bercerai dan Menikah Lagi Adalah Milik Gereja,” Kata Pembicara Sinode

Peter Kardinal Erdo

08/10/2014


Pembicara Sinode tentang Keluarga di Vatikan, Peter Kardinal Erdo, menegaskan bahwa umat Katolik yang bercerai dan menikah lagi adalah milik Gereja.

“Orang yang bercerai dan menikah lagi adalah milik Gereja”, tetapi dalam kasus “orang yang menikah secara sakramental, setelah bercerai, pernikahan kedua tidak mungkin diakui oleh Gereja, karena pasangannya yang pertama masih hidup,”  kata Kardinal Erdo.

Dalam kasus apapun, “apa yang sedang dibahas dalam sinode ini bersifat pastoral semata, yang praktis, bukan masalah doctrinal  - terlepas dari kebenaran iman.”

Kardinal Erdo, yang juga Ketua Presidium Konferensi Waligereja Hungaria dan Dewan  Konferensi-Konferensi Waligereja Eropa (CCEE) itu, menjelaskan pertanyaan kontroversial, apakah umat Katolik yang bercerai menikah lagi, diizinkan untuk menerima Komuni? Pertanyaan ini adalah salah satu “di antara sejumlah besar tantangan pastoral yang sangat dirasakan saat ini.”

Selama konferensi pers yang diadakan di Kantor Pers Vatikan setelah sesi pagi Sinode tersebut, kardinal Hungaria itu menjelaskan sebuah elemen baru yang dibandingkan dengan Sinode lain: “Relatio Ante Disceptationem” sudah termasuk ringkasan tertulis dari wacana Bapa-Bapa Sinode’, yang dikirim lebih dahulu ke Sekretariat Jenderal Sinode, “pada akhir September”.

Aspek yang baru tentang Sinode ini adalah keputusan Paus Fransiskus ‘untuk membuat laporan pengantar tertulis dalam bahasa Italia, bukan bahasa Latin.

Gereja harus menawarkan umat beriman “obat kebenaran”, yakni kebenaran berdasarkan Injil karena banyak masalah, yang seringkali memberatkan keluarga.

Uskup Agung Esztergom-Budapest itu mengatakan mereka yang bercerai membutuhkan dan berhak mendapatkan perhatian dan pelayanan dari para pastor  mereka (lihat Sacramentum Charitatis, 28)

Mereka perlu diajak mendengarkan Firman Tuhan, berpartisipasi dalam liturgi, doa-doa Gereja dan kegiatan amal.

Pelayanan pastoral Gereja, tambah kardinal itu, harus diperluas kepada mereka dengan cara yang sangat khusus, dengan mempertimbangkan kondisi unik dari setiap orang.

Sumber: ucanews.com
...

Teman-teman terkasih dalam Kristus, diperkenankan mengutip / mengcopy / menyebarluaskan artikel diatas dengan mencantumkan:
"sumber: Melodi-Kasih-Tuhan.blogspot.com"

With love,

Mikael Oka



Tidak ada komentar: